Puji Nur Ripha. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Laporan observasi

LAPORAN BAHASA INDONESIA MENEROKA MASJID SMA DWIWARNA

Identitas observasi: -     Puji Nur Ripha
-       Refira Triandisti Putri
-       M. Irsyad
-       Adly Syaqil
Pelaksanaan obserfasi: Senin, 15 Juli 2013
Tempat observasi: Masjid SMA Dwiwarna
Objek observasi: Benda hidup dan benda mati yang ada di masjid
Alat dan bahan: Buku, pensil, bolpoin, dan laptop
Langkah-langkah dalam mengobserfasi:
1.    Menentukan objek yang akan diobservasi
2.    Menyusun pertanyaan tentang objek dengan mengacu pada 5W + 1H
3.    Menggolongkan benda-benda yang ada di masjid
4.    Mencari data tentang masjid SMA Dwiwarna
5.    Menyusun laporan hasil observasi

Data observasi: 5W + 1H

1.    Apa nama masjid SMA Dwiwarna?
Hikmatul Ilmi. Yang artinya, hikmahnya ilmu.
      2. Kapan masjid ini dibangun?
Perencanaannya pada tahun 1999 dan mulai dibangun pada tahun 2001.
  3. Siapa ketua DKM?
Bapak Umang Umarela S.pd
      4. Mengapa masjid ini dibangun?
Untuk meningkatkan ukhuah islamiah juga merupakan sentral peningkatan dan pengkajian agama Islam serta untuk tempat ibadah masyarakat sekitar.
      5. Dimana letak masjid SMA Dwiwarna?
Masjid ini berada ditengah-tengah kawasan SMA Dwiwarna. Sentral antara gedung sekolah dan asrama putri.
      6.   Bagaiman memperoleh barang-barang yang di Masjid?
Rata-rata barang diperoleh dari sumbangan para murid maupun sivitas dan kas masjid.

Penggolongan benda yang ada di Masjid:

1.    Benda Hidup:
-       Semut
-       Kupu-kupu
-       Nyamuk
-       Burung
-       Jamaah masjid
-       Petugas masjid
2.    Benda Mati:
-       Al-Quran
-       Lemari
-       Mimbar
-       Sajadah
-       Meja
-       Mik
-       Loker
-       Kipas angin
-       Tempat wudhu
-       Batu
-       Sepatu

Pertanyaan-pertanyaan
1)    Apakah benda hidup dan benda mati saling bergantung?
Menurut kami, benda hidup dan benda mati saling bergantung satu sama lain karena makhluk tak akan bisa hidup sendiri tanpa benda mati seperti manusia membutuhkan air, udara, api, tanah. Dan sebaliknya benda mati tak akan bisa berguna tanpa adanya makhluk hidup seperti tanah membutuhkan tanaman. Tanpa ada tanaman, tanah akan menjadi gersang.

2)    Apa persamaan dari mengelompokan?
Mengklasifikasi, menggolongkan.

3)    Termasuk kelompok apakah manusia?
 Makhluk Hidup.

4)    Termasuk kelompok apakah binatang?
Makhluk hidup

Ciri-ciri makhluk hidup:
·         Bernafas
·         Bergerak
·         Bereksresi
·         Membutuhkan nutrisi/makanan

5)    Ada anggapan bahwa manusia adalah bintang yang dapat berfikir. Apakah maksud ungkapan tersebut? Mengapa ada anggapan demikian?
Ada sebagian ilmuwan mengatakan bahwa manusia adalah binatang namun ada juga yang menentang asumsi tersebut. Jadi jika dilihat dari pengklasifikasian makhluk hidup manusia termasuk kedalam jenis mamalia atau hewan

Kesimpulan :
Benda dikelompokkan menjadi benda hidup dan benda mati. Penggolongan tersebut didasari pada sifat masing-masing.

Sumber informasi:
            www.google.com dan Pengamatan objek secara langsung.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar